Breaking News
Loading...

Asyuro Syiah di Bandung di Tolak Warga, Cuma Bisa Dilakukan di Rumah Masing-Masing

Syiahindonesia.com - Peringatan Asyura oleh komunitas Syiah di Bandung pada bulan Muharam mendapat "penolakan " dari sekelompok orang , Penolakan tersebut datang dari salah satu ormas melalui surat yang dilayangkan kepada Pj. Walikota Bandung dan ditembuskan ke berbagai institusi negara seperti Mabes Polri, Polda Jawa Barat, Polrestabes Bandung, Kodim 0618/BS, Bakorpakem Kejari Kota Bandung, KABINDA Jabar, Bagian Hukum Setda Kota Bandung, Bagian Kesra Setda Kota Bandung, FKUB Kota Bandung, MUI Kota Bandung, dan Kemenag Kota Bandung.

Salah satu komunitas yang rutin menggelar peringatan asyura di Bandung adalah Ahlul Bait Indonesia (ABI) Kota Bandung. Ketua DPD ABI Kota Bandung Rustana Adi menegaskan, kegiatan asyura merupakan kegiatan rutin dan sudah menjadi budaya. Atas alasan apa pun penolakan terhadap peringatan asyuro tidaklah berdasar.

Rustana Adi mengaku tidak khawatir dengan adanya penolakan terhadap peringatan asyura yang sudah digelar komunitasnya setiap tahunnya. Pihaknya akan tetap melakukan peringatan asyuro setiap malam, mulai dari malam 1 hingga 10 Muharram. Tempat peringatan sendiri berlangsung di lingkungan komunitas atau di rumah sendiri.

“Jadi rumah sendiri kan kewenangan sendiri, apa pun silahkan. Jadi kan biasa, ini dari tahun-tahun sebelumnya ada dari malam kesatu sampai sepuluh. Hanya untuk puncak Asyuro kami tidak mengadakan. Mungkin nanti ikut pada lembaga yang lain atau daerah yang lain,” terang Rustana Adi, saat dikonfirmasi BandungBergerak via telepon, Jumat, 5 Juli 2024.



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: