Breaking News
Loading...

 Bagaimana Kabar Dakwah Syiah Sampai Hari Ini?

Setelah masa korona berakhir, maka dakwah syiah mulai menggeliat. Berbagai acara ritual yang tadinya online sekarang sudah mulai ofline. Ritual aliran syiah dalam setahun memang relative banyak. Hampir setiap hari lahir dan hari wafat imam mereka di peringati. Tidak kebayang kalau jumlah imam mereka ada 12, maka akan ada 12 peringatan dalam setahun. Itu minimal.


Pusat mereka melakukan ritual biasanya di tempat khusus dan itu menjadi pusat kegiatan syiah di local daerah situ. Misalnya komunitas syiah Kota Jepara Jawa Tengah maka mereka akan mempusatkan kegiatan disebuah husainiyah.ya…nama kuil untuk pusat kegiatan syiah adalah husainiyah. 


Acara paling besar dalam setahun adalah peringatan wafatnya Husaim RA cucu Rasulullah yg wafat pada peristiwa karbala. Bukan pengikut syiah kalau tidak ikut ritual asyuro. Begitulah kira-kira doktrin syiah. Pada era tahun 2010 sd 2020 kemarin, hampir setiap acara asyuro syiah selalu mendapatkan penolakan dan permintaan pembubaran. Dimana ada acara asyuro syiah, maka ada sebagaian kaum muslim yang menolaknya. Mereka mewanti-wanti kepada pemerintah setempat agar tidak memberikan ijin acara sesat tersebut. Jika pemerintah tetap mengijinkan, maka kelompok penolak tersebut akan mendatangi acara dan meminta agar dibubarkan. 


Pada tahun 2024 ini, syiah memiliki strategi khusus. Mereka tidak akan mengumumkan acara kepada khalayak ramai. Mereka tidak membuat undangan secara terbuka. Memang efek sampingnya adalah yang datang hanya khusus internal kelompok syiah saja. Untuk menjadikan masyarakat sunni masuk ke syiah mereka akan kesulitan. Cuma, lebih baik tetap bisa mengadakan walau gak seramai harapan daripada dibubarin paksa oleh kelompok penolak syiah. Sampai hari ini, penulis juga belum tahu dimana acara syuro nasional tahun 2024 akan di adakan. Kami menduga,acara akan dilakukan di Senayan sebagaimana tahun 2023 lalu. 


Tahun lalu. 2023 acara syuro terbilang sukses karena tidak ada penolakan karena memang tidak ada publikasi. Sehingga tahu-tahu ada acara dan berjalan sampai selesai. Akankah tahun ini terjadi lagi……

pentolan syiah samarinda (berbaju putih)
khitana masal syiah di balikpapan Kaltim

.
Strategi dakwah syiah Indonesia selama 5 tahun terakhir 2019-2024 :
1.    Banyak melakukan kegiatan social seperti santunan sembako, khitanan masalm bersih2 masjid, dll
2.    Mengikuti kegiatan pemerintah di tingkat provinsi dan menjalin hubungan ormas-ormas yang hadir
3.    ABI wilayah setelah terbentuk akan bersilaturrahmi ke NU, Muhammadiyah dan MUI atau tokoh ulama atau dosen di suatu tempat.
4.    Pada acara rutin asyuro tahunan  tingkat nasional maka beberapa pembicara dari kubu IJABI, karena sempat ada isu bahwa syiah terpecah jadi 2 kelompok aliran yaitu syiah ala ABI dan Syiah ala IJABI.
5.    Konsep wilayatul faqih yang endingnya adalah menjadikan Negara di bawah kekuasaan orang yang faqih sebagaimana di Iran, maka khusus Indonesia, syiah nya tidak seperti itu. Syiahnya ala nusantara. Sehingga syiah membagi buku manifesto politik syiah kepada para tokoh NU, Muhammadiyah dan tokoh lainnya agar idiologi politik syiah Indonesia tidak sama dengan syiah di Iran.
6.    Mereka aktif mengerakkan gerakan pemuda syiah dengan wadah pandu syiah yang secara rutin mengadakan pengkaderan dan kegiatan outdor rutin sebagai wadah penguatan kesyiahan mereka. (Admin Syiahindonesia)
Waallahu a’lam bi Asyowab



************************
Ayo Gabung dengan Syiahindonesia.com Sekarang Juga!

Artikel Syiah Lainnya

0 komentar: